Tuesday 15 January 2013

(015) SRIMAT THRIBUANARAJA MALIWARMADEWA@NILATANAM@SRI TRI BUANA@SRI MAHARAJA SANG UTAMA PARAMESWARA BATARA SRI TRI BUANA - -RAJA BENTAN


Tidak berapa lama berada di BENTAN, SRI SRI BUANA telah diperkenan dan ditabal oleh WAN SERI BENI menjadi RAJA BENTAN.

Sulalatus-Salatin menukilkan (2009:  36) :

".........Maka diriwayatkan oleh yang empunya cerita, adalah SRI TRI BUANA akan kerajaan di Bentan ditablkan oleh Wan Seri Beni dan dinobatkan ; segala menteri hulubalang bala tentera Bentan dan Palembang mengadap nobat baginda ; Betalalah membaca ciri; gelar Baginda SRI TRI BUANA juga. DEMANG LEBAR DAUN dijadikan oleh Wan Seri Beni akan BENDAHARAnya.  Bupala menjadi Menteri, Aria menjadi Penghulu Hakim.  DEMANG MANGKU RAJA (adinda Demang Lebar Daun) dititahkan oleh SRI TRI BUANA pulang ke PALEMBANG menjadi kerajaan (Raja) di hulu.  Kata Sahibul hikayat ialah asal RAJA PALEMBANG yang ada sekarang". 

Berdasarkan riwayat ini, nyatalah SRI TRI BUANA telah meninggalkan PALEMBANG atau JAMBI, dan Baginda telah dapat memenuhi impiannya mencari NEGERI BARU, yakni menjadi RAJA BENTAN menggantikan WAN SERI BENI.  

Setelah itu Baginda menitahkan adik Demang Lebar Daun yang bernama DEMANG MANGKU RAJA memerintah PALEMBANG. Dari susurgalur keturunan DEMANG MANGKU RAJA inilah berkesinambungan RAJA-RAJA MELAYU PALEMBANG dalam dekad-dekad kemudiannya.  Wallahualam.

Sumber :
A. Samad Ahmad (2009), SULALATUS-SALATIN (SEJARAH MELAYU), Kuala Lumpur : Dewan Bahasa dan Pustaka.

No comments:

Post a Comment